SELAMAT DATANG DI SITUS BPK PEJAWARAN BLOG INI MASIH DALAM TAHAP PENGEMBANGAN MOHON MAAF APABILA MASIH TERDAPAT BANYAK KEKURANGAN

Kamis, 07 Mei 2015

PAKAN KELINCI DARI FERMENTASI GEDEBOK PISANG DAN EM4



Membuat Fermentasi Gedebog dengan EM4
Cara ini merupakan cara alternatif jika sobat kewalahan mencari makan kelinci. Hal ini terjadi mungkin karena sobat sibuk kerja dan mungkin sulit untuk mencari rumput didaerah sobat. Gedebog pisang mungkin salah satu tanaman yang mudah didapatkan apalagi jarang orang untuk memanfaatkannya. Kita akan mencoba membuat fermentasi gedebog pisang dengan EM4.
Alat dan bahan :
  1. Gedebog pisang yang dicacah kecil-kecil
  2. Bekatul jagung (oot jagung)
  3. Air
  4. Gula/Molase/Madu
  5. Larutan EM4 untuk peternakan
  6. Ember / plastik
Cara membuat :
  1. Gedebog pisang tersebut dicampur dengan bekatul jagung sampai rata.
  2. Larutkan 1 tutup botol EM4, 1/4 gelas molase (jika pake madu cukup 1 sendok makan saja) kedalam 1 liter air.
  3. Masukkan gedebog pisang yang sudah dicampur tersebut kedalam ember kemudian campurkan dengan larutan tadi lalu diaduk. Larutan tersebut sesuaikan dengan jumlah gedebog pisang agar tidak terlalu basah dan kering.
  4. Tutup ember tersebut dengan plastik agar tidak ada udara yang masuk. Diamkan 1 malam saja
  5. Besok harinya bisa diberikan pada kelinci. Semoga berhasil dan selamat bereksperimen.
Catatan pengalaman :
  1. Kelinci pada hakikatnya suka makanan yang manis, madu atau molase merupakan perangsang agar kelinci mau makan, bekatul bisa membuat kelinci gemuk, gedebog merupakan campuran dan EM4 merupakan mikroorganisme yang akan membantu melancarkan sistem percernaan ternak. 
  2. Fementasi diatas dapat dicampur dengan kangkung. Dan kata teman daun pisang juga bisa dicampur disana. tapi saya belum pernah coba.
  3. Jangan melarutkan terlalu banyak madu/molase yang akan membuat kelinci mencret dan bisa mati.
  4. Fermentasi ini dilakukan ketika sobat tidak punya waktu untuk mencari rumput. Tetapi rumput merupakan makanan terbaik buat kelinci. Jika kelinci sobat makan rumput dan ingin ditambah dengan EM4, sobat bisa masukkan EM4 pada air minumnya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar