SELAMAT DATANG DI SITUS BPK PEJAWARAN BLOG INI MASIH DALAM TAHAP PENGEMBANGAN MOHON MAAF APABILA MASIH TERDAPAT BANYAK KEKURANGAN

Minggu, 25 Maret 2018

BIR PLETOK KWT WIJI UTAMI DESA KARANG SARI

Bir pletok made in KWT Wiji Utami Desa Karangsari



PEJAWARAN -  Adalah minuman khas etnis Betawi. Minuman penyegar berwarna merah ini dibuat dari beberapa campuran rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Warna merah dari minuman ini berasal dari kayu secang. Apabila kita meminum bir pletok, pertama-tama terasa pedas, akan tetapi selanjutnya badan akan terasa hangat pengaruh dari ramuan yang terdapat di dalamnya. Sebotol atau segelas bir pletok mengandung sejumlah senyawa antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Senyawa antioksidan ini berasal dari secang (antosianin), jahe (gingerol, shogaol, dan zingerone), dan rempah-rempah lainnya yang memiliki sifat antioksidatif, antiinflamasi, anagesik, dan anti-karsinogenik. Minuman ini juga memiliki khasiat untuk memperlancar peredaran darah pada tubuh, sehingga masyarakat betawi biasa mengkonsumsinya pada malam hari untuk penghangat.
Bahan-bahan yang diperlukan adalah jahe, daun jeruk, cengkeh, kayu manis, kapulaga, serai, kayu secang, daun pandan, pala, serta gula dan garam. Semua bahan dicampur dan direbus hingga mendidih. “Bir” kaya antioksidan ini lalu siap dihidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar